5 Poin Dasar Dalam Memulai Usaha atau Bisnis dari Nol

Images: Pixabay.com


Memulai dan menjalankan Usaha atau bisnis bukan semata-mata hal yang terbilang sulit, juga bukan mudah untuk menjalankannya. Tentunya jika ingin memulai sesuatu pastinya dibutuhkan perencanaan yang sangat matang agar menunjang keberhasilan. Jika memulai sebuah bisnis atau usaha dengan rencana dan fasilitas yang menunjang pasti akan lebih terasa mudah. Begitu pula sebaliknya, juga usaha atau bisnis yang dimulai hanya karna ikut-ikutan tanpa rencana yang jelas maka akan terasa sulit untuk dijalankan. Tentunya siapa pun yang ingin menjalankan usaha pastinya ingin mendapatkan keuntungan (Laba).

Tapi ada hal terpenting yang lebih dibutuhkan dalam jiwa pebisnis. Bukan siapa anda, bukan apa latar belakang anda, juga bukan seberapa modal yang anda punya, Bukan itu. Tapi hal terpenting yang dibutuhkan dalam jiwa seorang pebisnis yaitu keberanian untuk mengambil keputusan dan berani dengan segala rintangan yang akan dihadapi. Modal sebesar apapun jika tidak memiliki keberanian untuk menginvestasikannya pasti semua tidak akan jalan. Terlebih dahulu bentuk pola pikir(mindset) kita.

Banyak bukti yang bisa kita lihat dalam lingkungan sosial, memulai usaha atau bisnis dalam beberapa bulan kedepan terhenti dengan berbagai macam keluhan dan alasan yang sebenarnya tidak diperlukan dalam dunia usaha atau bisnis.

Baca Juga: Keuntungan Kuliah Sambil Kerja  

Catatan penting dalam memulai usaha/atau bisnis, yaitu:

1. Membentuk Pola pikir



Pola pikir (Mindset) sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha atau bisnis. Bukan tanpa dasar yang jelas, akan tetapi laku perbuatan kita dalam kesehariannya mencerminkan pola pikir kita. Jika anda ingin membangun sebuah usaha atau bisnis, maka pola pikir (Mindset) pebisnisnya harus dapat dan jelas apa maksud dan tujuannya.

2. Memiliki Impian



Impian adalah sebuah bahan bakar bagi tiap-tiap pebisnis yang sukses. Impian adalah sebuah tujuan yang akan kita capai hingga lewati saat kita memulai bisnis. Impian sama dengan cita-cita, kita harus memiliki impian yang jelas dan spesifik yang tentunya rasional untuk dibandingkan dengan usaha atau bisnis kita.

Kenapa harus impian? Karena dalam perjalanan merintis hingga mengembangkan sebuah usaha atau bisnis, akan banyak rintangan yang akan kita hadapi. Maka Impian adalah penyemangat.

3. Bangun bisnis berdasarkan gairah


Membangun bisnis berdasarkan gairah adalah salah satu penunjang yang tidak bole kita sampingkan. Artinya kita memulai berdasarkan hobi dan kegemaran akan membuat kita terus bersemangat. Karena pasti kita akan senang dalam menjalankannya, bahkan saat tidak mendapat bayaranpun kita senang melakukannya karena hal tersebut merupakan kegemaran kita.

4. Belajar dari orang-orang Sukses



Banyak dari kalangan pemula yang ingin memutuskan memulai sebuah bisnis dan usaha tiba-tiba berubah pikiran dan tidak lagi ingin menjalankannya. Menurut pengalaman Admin yang melihat banyak teman yang ingin menjalankan sebuah bisnis namun berubah pikiran. Hal tersebut karena banyak yang bertanya kepada yang bukan ahlinya atau bertanya kepada orang-orang yang pernah gagal. Lebih parahnya lagi, apabila bertanya pada orang-orang yang tidak tahu tentang bisnis yang akan kita jalankan.

5. Menentukan siap partner usaha/bisnis



Menetukan partner kerja atau teman yang secara mental bisa bersama secara terus menerus dalam memulai dan mengembangkan usaha atau bisnis. Dalam menentukan kerabat kerja ini pun tidak hanya sekedar memilih tanpa memilah. Artinya ketika akan memulai usaha atau bisnis maka ada baiknya jika mencari kerabat kerja yang memiliki pola pikir(Mindset) yang benar tentang bisnis, memiliki impian yang sama-sama besar, dan sama-sama ingin belajar dan terus berkembang. Ingat, kegagalan dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis 60% bukan dari faktor luar (eksternal), tapi faktor dalam (internal).


Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokuslah pada satu saja.
(JACK MA - Founder of Alibaba Group)

Baca Juga: Bisnis MICE Idebiz

Nah, sampai disini sobat sudah memahami dasar yang dibutuhkan dalam memulai sebuah usaha atau bisnis. Selamat memulai sobat semua. Silahkan sobat pelajari dan praktekan sesuai versi sobat dehh.

Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "5 Poin Dasar Dalam Memulai Usaha atau Bisnis dari Nol"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel