Perbedaan Istilah SEO On Page dan SEO Off Page, Pahami Ini dulu!

Perbedaan Istilah SEO On Page dan SEO Off Page - Dalam dunia pengoptimasian blog maupun website, sering kita mendengar istilah SEO On Page dan SEO Off Page. Namun ternyata masih banyak juga para blogger yang belum paham terkait dengan istilah ini ataupun perbedaan antara keduanya.

SEO On Page & SEO Off Page merupakan istilah yang harus kita pahami ketika ingin melakukan optimasi pada mesih telusur google maupun platform lainnya. Hampir setiap blogger atau para pemilik website menginginkan agar website mereka bisa berada di halaman pertama google. Sebab jika website kita berada di halaman pertama pada mesin pencarian, maka besar kemungkinan pengunjung yang memasukan keyword tujuannya akan melakukan klik pada website yang berada di halaman pertama.

Bayangkan jika keseluruhan dari artikel kita pada website masuk pada perengkingan google (SERP). Terlebih jika kita memiliki tujuan tersendiri dalam website kita. Misalnya seorang blogger yang berfokus pada Niche Jual Pakaian, maka ini akan sangat menguntungkan. Besar kemungkinan barang dagangan seorang blogger akan laris manis.

Jika kalian sudah paham dengan salah satu tujuan mengoptimalkan SEO di blog, maka mari kita masuk pada pembahasan perbedaan istilah SEO On Page dan SEO Off Page.

apa perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page


Apa Perbedaan Istilah SEO On Page & SEO Off Page

1. SEO On Page

Pengertian dari SEO On Page ini merupakan spesifikasi dari istilah Search Engine Optimization (SEO) secara umum. Jika praktik SEO mencangkup seluruh cara mengoptimasi, maka SEO On Page adalah praktik optimasi SEO dari dalam website itu sendiri. Misalnya blogger A memiliki sebuah website yang diberi nama websiteku.com, maka dalam mengoptimalkan SEO On Page, si blogger A harus mengoptimasi dari platform yang ia gunakan. 

Berikut point-point dalam optimasi SEO On Page:

  1. Tag title
  2. Meta Tag (Meta deskripsi)
  3. Robots.txt 
  4. Tag Header Robot Kustom
  5. Permalink Postingan
  6. Alt Gambar
  7. Costum Heading
  8. Label
  9. Dll
Beberapa contoh di atas adalah sebagian dari banyaknya praktik SEO On Page yang sering dilakukan oleh para blogger ataupun para pemilik website dengan platform Blogspot. Namun jika kalian menggunakan Wordpress, ataupun platform lain, maka silahkan maksimalkan penggunaan SEO On Page ini.

2. SEO Off Page

Jika SEO On Page murupakan praktik optimasi dari dalam, maka SEO Off Page adalah kebalikannya. SEO Off Page adalah praktik optimasi blog atau website dari luar atau eksternal website. Contoh sederhana yang bisa kita temukan yaitu misalnya terdapatnya link aktif di website milik blogger A yang mengarah ke website milik blogger B. 

Contoh di atas lebih kita kenal dengan backlink atau link balik. Namun jika kalian menemukan istilah lain semacam link building, atau sejenisnya, maka kalian jangan khawatir karena belum paham dengan istilah-istilah ini. Kalian cukup memahami bahwa jika blog kalian sudah memiliki link aktif dari berbagai website, maka itu artinya blog anda sudah menerapkan SEO Off Page.

Melakukan Praktik SEO Off Page memiliki keuntungan dari segi kepercayaan. Jika anda adalah pemilik website A dan link website anda tertera di website B dengan deskripsi positif, maka itu artinya website B merekomendasikan website anda ke pengunjung situsnya. Dengan begitu, akan terbangun autoritas di mata pengunjung, bahkan google sekalipun.


Baca Juga: Cara Cepat diApprove Google Adsense

Berikut point-point dalam optimasi SEO Off Page:

  1. Sosial Media (Pinterest, Youtube, Twitter, LinkedIn, dll)
  2. Guest Post
  3. Membeli Backlink
  4. Membangun Network antara 1 blog dengan yang lain.
  5. dll

Kesimpulan

Sebagai seorang blogger ataupun pemilik situs website, tentu anda ingin situs anda ini banyak yang mengunjungi, baik itu dengan memanfaatkan keyword yang anda miliki, nama domain anda, maupun atas rekomendasi dari situs-situs lainnya. Oleh karena itu, pengoptimalan SEO harus di lakukan dengan maksimal dan jangan setengah-setengah.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa anda jadikan sebagai referensi dalam melakukan optimasi SEO.

Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "Perbedaan Istilah SEO On Page dan SEO Off Page, Pahami Ini dulu!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel