5 Solusi Belajar Online Tetap Produktif di Rumah

FanliMandalika.com - Di masa pandemi seperti ini, kebutuhan akses bepergian dan berkumpul-kumpul sering dibatasi. Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam menangani penyebaran virus korona. Pembatasan sosial juga terjadi di lingkungan sekolah, yang mana siswa/siswa hingga mahasiswa harus menahan diri untuk tetap belajar di rumah.

Tips belajar online dari rumah
 

Sejak Maret 2020 lalu, aktivitas belajar mengajar mulai dialihkan dengan pemanfaatan berbagai platform daring. Misalnya google classroom, app video conference Zoom, Whatsapp Grup (WAG) dan lain-lain. Namun seringkali banyak siswa dan mahasiswa yang mengeluh dengan sistem pembelajaran saat ini, yang di nilai tidak produktif bagi mereka.

Nah sehingga di artikel ini saya akan berbagai tips belajar produktif di rumah dengan pemanfaatan berbagai platform daring.
 

Solusi Belajar Online Tetap Produktif


1.  Menata Tempat Belajar


Salah satu faktor yang membuat kita nyaman dalam belajar yaitu suasana tempat belajar yang nyaman dan sesuai. Terlebih di situasi pembelajaran online seperti ini, yang mana kita cenderung belajar secara terpisah atau sendiri-sendiri. Maka untuk memanipulasi suasana yang nyaman dan tidak bikin bosan, ada baiknya jika menata tempat belajar atau ruangan belajar.

Penataan ruangan belajar untuk siswa disesuaikan dengan mood dan interest mereka, sehingga bisa menjadi pendorong semangat belajar.

2. Aktif di Sosial Media


Sosial media saat ini menjadi bagian yang sangat penting kala kita di situasi belajar online.  Pemanfaatan sosial media digunakan sebagai platform inspirasi dan membuka peluang lebih produktif.

Manfaatkan sosial media berupa instagram, facebook, twitter dan lain-lain untuk belajar dan mencari inspirasi.

3. Youtube


Solusi belajar online lainnya yaitu youtube. Anda bisa mendapatkan berbagai macam tontonan yang berkualitas dan tentunya relevan dengan proses pembelajaran. 

4. Kursus Online


Di masa pandemi dengan kondisi pembelajaran online, anda dapat menemukan berbagai website atau aplikasi mobile untuk belajar yang lebih terstruktur dan jauh berbeda dengan ruang kelas yaitu dengan memanfaatkan kursus online.

Namun jika hal ini mempengaruhi keuangan anda karena yang namanya kursus pada umumnya harus bayar, maka anda bisa mencari alternatif di web atau aplikasi gratis yang membuka peluang belajar bersama.

5. Selingkan dengan Games


Anda akan merasa bosan dan tidak produktif ketika seharian penuh waktu dihabiskan untuk belajar. Kita tahu bahwa kurikulum pembelajaran di Indonesia terlalu tegang dan kadang tidak mengasikan. Maka selingkan waktu belajar dengan memanfaatkan games untuk merefresh keadaan.

Sekian tips singkat solusi belajar online tetap produktif dari rumah versi fanlimandalika.com, semoga bisa bermanfaat.


Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "5 Solusi Belajar Online Tetap Produktif di Rumah"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel