Cara Dapat Backlink Berkualitas Untuk SEO Blog

Fanlimandalika.com - Untuk anda yang baru mendengar istilah backlink atau yang akhir-akhir ini penasaran apa sih yang dimaksud dengan backlink? lalu apa manfaat backlink untuk website? dan bagaimana backlink bekerja untuk blog atau website?. Pertanyaan-pertanyaan semacam ini mungkin yang akan membuat kalian penasaran.

strategi mendapatkan backlink


Cara Dapat Backlink Berkualitas


Oke tanpa berlama-lama, kita lanjut saja ke bagian pembahasan. Simak penjelasan tentang backlink berkualitas di bawah ini. Tapi sebelum membahas terkait strategi atau cara mendapatkan backlink, kita membahas terlebih dahulu pendertian dan kegunaan dari backlink.

1. Pengertian Backlink


Istilah backlink cukup populer di kalangan web development sebab, backlink adalah aktifitas penautan link atau pemasangan link dari web/blog A menuju web/blog B. Kegiatan ini sering kali juga di sebut sebagai link building atau inbound link.


Jadi simpelnya yaitu misal saya ingin agar web/blog saya bisa diketahui banyakorang, maka saya memerlukan bantuan teman saya yang juga memiliki web/blog untuk melakukan promosi beserta link ke halaman web/blog saya. Agar saya mendapatkan dua sumber visitor, yang pertama real visitor yang memang dari awal adalah visitor saya, dan ketua visitor yang datang dari halaman penautan link di web/blog teman saya.

2. Apakah Backlink Penting?


Jelas bahwa backlink memiliki peranan yang penting dalam sebuat aktivitas blog/website. Hal ini sangat bermanfaat jika anda tengah membangun website bisnis jangka panjang,  maka penggunaan backlink sangat penting, sebagai bisa jadi dari backlink itulah autoritas bisnis anda berkembang.

Beberapa contoh yang bisa anda dapatkan dari penggunaan backlink yaitu mendatangkan visitor dari halaman tertaut link, menjaga reputasi di mata google, membentuk kredibilitas web, meningkatkan autoritas blog/web dan mendongkrak SERP di google penelusuran.

Strategi atau Cara Mendapatkan Backlink


1. Kualitas Konten


Cara mendapatkan backlink yang pertama yaitu membuat konten blog/website yang berkualitas. Berkualitas di sini maksudnya adalah anda membuat konten atau artikel blog yang ketika dibaca, yang anda tawarkan pertama adalah permasalahan kemudian lanjut ke solusi apa yang paling tepat untuk suatu masalah. 

User yang melakukan pencarian di google, kebanyakan menarget keyword tertentu untuk mendaptkan informasi. User yang melakukan pencarian di google sekurang-kurangnya dikelompokan dalam 2 kategori. Yaitu user yang melakukan pencarian karena membutuhkan informasi atau solusi atas apa yang ingin dia tahu, kemudian user yang hanya secara random menarget keyword, artinya tidak ada masalah yang urgent yang hendak diselesaikan.

Ketika konten anda berkualitas, maka ini akan berdampak positif pada user experience. Sehingga tidak heran beberapa web/blog yang memiliki konten berkualitas, mereka memiliki pengunjung loyal. Karena pengunjung atau visitor merasa bahwa web/blog itulah yang bisa menjawab setiap pertanyaan mereka di kolom pencarian google.

Dengan begitu, bisa saja sewaktu-waktu blog/web anda akan memiliki backlink dari pada user loyal itu. Backlink di sini bisa dari situs blog mereka, ataupun rekomendasi di berbagai sosial media. Dan google akan menilai bahwa backlink ini memiliki kualitas baik karena diberikan langsung oleh user.

2. Keunikan Konten


Cara mendapatkan backlink yang kedua yaitu anda harus membuat konten artikel yang berbeda dari web/blog lainnya. Sehingga dinilai bahwa blog/web anda adalah satu-satunya yang menyediakan informasi semacam itu.

3. Kelengkapan Konten


Google lebih menyukai blog/web yang menyajikan konten dengan lengkap. Lengkap dalam artian anda membahas satu keyword secara tuntas. Misalnya anda membuat artikel berkaitan dengan cara resep masakan rendang, maka anda perlu membahas seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan dan jika memungkinkan anda juga perlu membahas hingga tahap pembuatan. 

Dengan kelengkapan informasi yang anda buat, user akan menilai bahwa blog/web milik anda bisa dijadikan referensi.

4. Inforgrafik Konten


Jika anda memiliki web/blog yan secara spesifik membahas tentang tutorial, review produk, maka alangkahbaiknya anda menyertakan inforgrafik yang didesain dengan unik dan estetik.

5. Sharing Platform Konten (Sosmed)


Selain anda membuat konten yang berkualitas, unik dan lengkap, anda juga perlu memanfaatkan berbagai platform sharing atau sosial media sebagai strategi mendapatkan backlink. Sosmed yang dimaksud adalah berbagai platform yang bisa anda muatkan link.


6. Membeli Backlink


Cara mendapatkan backlink yang seringkali dipakai oleh para blogger adalah dengan membeli backlink dari berbagai web/blog yang sudah besar dan memiliki reputasi yang baik. 

7. Bangun Relasi Antar Sesama Blogger/Pemilik web


Langkah berikut dari cara mendapatkan backlink yaitu dengan membangun relasi pertemanan sehingga hal ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber backlink. Misal anda memiliki teman yang bernama Fulan dan dia memiliki website yang sudah besar dan memiliki reputasi baik, maka tidak ada salahnya jika anda meminta agar mempromosikan blog anda di dalam konten atau home page web miliknya.

8. Aktif di Forum/Komunitas Internet


Menjadi seorang blogger atau web developer anda harus mampu mengikuti trend dan mudah berinteraksi sosial dengan orang lain yang backgroundnya sama dengan anda. Anda dapa menemukan bagian ini di berbagai forum atau komunitas pengguna internet. Misalnya Kaskus, Ads Id, Detik Forum dan lain-lain.

9. Mempelajari Sumber Backlink Kompetitor


Anda dapat dengan mudah mencari tahu dari mana asal web/blog besar dan memiliki backink sampai dengan ratusan ribu menggunakan tools. Ada banyak tools Backlink Checker yang tersedia secara gratis dan bisa anda gunakan untuk mengintip sumber backlink. Misalnya Ahrefs, Moz, Semrus dan masih banyak laigi.

Mempelajari sumber backlink disini artinya anda melihat data sumber dan menganalisanya. Misalnya anda menemukan web/blog yang memiliki backink yang berasal dari web sekolah atau kampus, maka anda periksa apakah backlink tersebut terdapat dalam artikel atau hanya di kolom komentar. Jika di dalam artikel artinya backlink tersebut dibuat oleh pemilik website sumber, namun jika link tersebut hanya di kolom komentar, maka dapat dipastkan bahwa backlink tersebut dibuat oleh pemilik link.

10. Guest Konten Blog


Strategi mendapatkan backlink yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan momentum guest post. Ketika anda menemukan informasi terkait guest post, maka anda bisa memanfaatkan sebagai sumber backlink. contoh paling sederhana dari guest post yaitu dengan menjadi penulis tamu di web/blog orang lain yang sudah memiliki autoritas yang baik.


Baiklah sekian pembahasan kita pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat informasi tentang cara mendapatkan backlink versi FanliMandalika.com.
Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "Cara Dapat Backlink Berkualitas Untuk SEO Blog"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel