Cara buat About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer di Blog

Cara Membuat Halaman About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer - Sebagai blogger pemula, maka wajib ketika ingin mendaftar ke program adsense harus memiliki halaman informasi atau TOS di blog. Biasanya standar blog personal hanya memiliki halaman about, contact, privacy policy, disclaimer dan sitemap. 

Di artikel ini saya akan memberikan cara mudah membuat halaman di blogger baru. Halaman pada blog berguna sebagai salah satu syarat untuk mendaftar ke google adsense. Tidak sedikit blog yang di tolak oleh pihak google adsense hanya karena tidak memiliki halaman informasi.

Cara buat About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer di Blogspot


Membuat About, Contact, Privacy Policy dan Disclaimer


1. About (Tentang)


About pada blog biasanya berisi tentang informasi umum tentang sebuah blog atau website. Mulai dari siapa pembuatnya, siapa penulis, siapa admin, apa tujuan sehingga sebuah blog atau website dibuat, dan lain-lain. 

Masuk ke halaman dashboard blogger, klik menu Halaman, klik ikon + Halaman Baru

cara membuat halaman blog


Jika halaman tulisan kalian adalah Tampilan HTML, maka rubah ke Tampilan Menulis

cara membuat halaman di blog


Tulis judul postingan halaman dengan kata About, About Us, ataupun About me, kemudian ketik deskripsi informasi yang akan kalian tambahkan atau yang akan kalian beritahu ke pembaca. Sebagai contoh saya mengetik seperti pada gambar di bawah ini. Setelah selesai kemudian tekan tombol Publikasian.

membuat halaman blog


2. Contact (Kontak)


Membuat menu kontak tidak jauh berbeda dengan membuat about. Jika kalian masih di menu Halaman, maka klik ulang ikon + Halaman Baru. Lalu jika halaman tulisan kalian adalah Tampilan HTML, maka rubah ke Tampilan Menulis.

Selanjutnya ketik informasi contact yang akan kita tunjukan ke pengunjung blog. Informasi kontak yang kita buat, pastikan aktif dan bisa di akses oleh pengunjung. Misalnya jika kalian menambahkan informasi kontak email, maka alamat email tersebut harus aktif. Begitupun dengan nomor telepon yang kalian masukan, harus aktif dan bisa di hubungi.

3. Privacy Policy (Kebijakan Privasi)


Privacy Policy atau kebijakan privasi di blog, berfungsi sebagai ketentuan yang mutlak ada di setiap situs website ataupun blog. Dengan adanya ketentuan privasi ini, menandakana sebuah blog atau website dijalankan dengan serius dan menaati seluruh kebijakan cyber yang berlaku. Singkatnya, kebijakan privacy policy di blog sebagai bagian dari perlindungan data pengguna di blog maupun website tersebut.

Nah, di sini saya ingin memberikan cara membuat halaman privacy policy dengan 2 cara. Cara yang pertama kalian membuat privacy policy secara manual. Artinya kalian merangkai setiap kaliamat yang akan kalian jadikan sebagai privacy policy atau kebijakan privasi di blog atau website kalian. Cara kedua yaitu kalian membuat privacy policy dengan bantuan generator privacy policy yang bekerja secara otomatis untuk membuat krbijakan privacy policy di blog kalian.


Kedua cara ini tidak ada yang lebih baik ataupun yang lebih buruk. Perbedaan pembuatan privacy policy secara manual dan online, hanya terletak pada fungsi dan arah blog maupun website. Jika kalian membuatnya cara manual, maka mungkin kalian akan lebih detail dalam membuat setiap kebijakan privacy, berbeda dengan pembuatan secara otomatis, mungkin tidak sedetail membuatnya secara manual. Berikut langkah-langkah membuat privacy policy di blog secara online.

Pertama kalian masuk ke dashboard blogger, kemudian klik menu Halaman, lalu klik ikon + Halaman baru.

Buat judul halaman Privacy Policy. Pastikan kalian sudah berada di tampilan HTML bukan tampilan Menulis. Halaman Privacy Policy ini jangan ditutup dulu, biarkan seperti itu.

cara buat halaman blog baru


Selanjutnya kalian buat tab baru kemudian kunjungi situs https://www.privacypolicyonline.com/. Lalu kalian pilih bagian Privacy Policy Generator. Setelah itu kalian akan diarahkan ke bagian pembuatan. Ada sekitar 3 tahap yang harus kalian selesaikan hingga proses pembuatan Privacy Policy kalian siap, yaitu Website/App , Clauses  dan Contact.

tutorial membat halaman about contact, Privacy Policy, Disclaimer di Blog



Di bagian Website/App Isi bagian Your Website/App Name dengan nama blog atau website kalian dan bagian Your Website URL isi dengan URL atau link blog/website kalian, lalu tekan next.

cara membuat About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer


Di bagian Clauses, centang NO bagian Do you use cookies?, centang YES di bagian Do you show ads through Google AdSense?, dan centang NO di bagian Do you show advertising from third parties (except Google)?. Lalu silahkan isi negara kalian di bagian Country dan State isi dengan provinsi atau wilayah tempat kalian tinggal.

membuat halaman informasi di blogger


Setelah itu isi informasi Contact dengan alamat email yang digunakan di blog atau website kalian. Lalu tekan Create Privacy Policy, dengan otomatis maka privacy policy atau kebijakan privacy kalian sudah siap digunakan.

Cara buat About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer di Blog


Langkah selanjutnya kalian salin Privacy Policy tersebut, bisa menyalin secara manual maupun langsung copy otomatis. Tekan saja Copy to clipboard maka privacy policy kalian siap dipaste di bagian halaman yang sudah dibuat sebelumnya.

Cara buat About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer di Blogger


Kembali dibalian halaman, pastikan kalian telah megubah tampilan menulis ke tampilan HTML, sebab privacy policy yang dibuat dengan generator online tadi, berformat HTML. Jika sudah, maka silahkan paste dan klik publikasikan, selesai.

Cara buat halaman di Blogger



4. Disclaimer (Penolakan)


Pembuatan Disclaimer atau penolakan tidak berbeda jauh dengan membuat Privacy Policy atau kebijakan Privasi. Hanya saja perbedaanya terletak pada maksud dan tujuan mengapa harus ada. Jika Privacy policy dimaksudkan untuk ketentuan seluruh pengguna website atau blog kalian, maka disclaimer berfungsi sebagai upaya penolakan pertanggungjawaban terhadap apapun dampak yang dapat oleh pengguna web atau blog kalian.


Disclaimer sendiri keberadaanya di sebuah blog atau website sangat penting. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita menggunakan atau mengakses informasi melalui situs online, maka perlu diperhatikan antara kebijakan privacy dan penolakan yang diinformasikan oleh blog maupun website yang kita kunjungi. Berikut langkah-langkah membuat disclaimer di blog.

Langkah pertama kalian masuk ke dashboard blogger, klik menu Halaman, klik ikon + halaman baru dan pastikan kalian berada pada tampilan HTML bukan tampilan Menulis lalu buat judul halaman Disclaimer, seperti pada pembuatan Privacy Policy. Halaman ini jangan dulu ditutup, biarkan saja seperti itu. Lalu kalian kunjungi situs https://www.privacypolicyonline.com/ buat di tab baru. Selanjutnya kalian pilih yang Disclaimer Generator.

membuat halaman About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer


Di bagian ini hanya ada 2 langkah yang harus kalian isi yaitu Website dan Contact Details. Isi bagian Your Website Name dengan nama blog atau website kalian, lalu isi bagian Your Website URL dengan URL atau link blog atau website kalian, lalu klik next.

membuat halaman blog di blogspot


Di bagian Contact Details, isi bagian Country dengan negara, bagian State isi dengan provinsi atau wilayah kalian, lalu isi Your Email Address dengan alamat email blog kalian, kemudian klik Create Disclaimer maka secara otomatis disclaimer kalian siap digunakan.

membuat halaman di blogspo


Kemudian salin kode yang tersedia seperti cara pembuatan privacy policy di atas, klik saja Copy to clipboard. Jika sudah, silahkan paste kebagian halaman disclaimer dan pastikan kalian berada di tampilan HTML bukan tampilan menulis, lalu tekan publikaskan.


Sekian Pembahasan tentang cara membuat halaman about, contact, privacy policy dan disclaimer di blog, semoga bisa bermanfaat dan bisa kalian aplikasikan dalam membuat halaman informasi di blog kalian. (Admin)
Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "Cara buat About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer di Blog"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel