Cara Menilai Kualitas Blog dan Tulisannya

Cara Menilai Kualitas Blog dan Tulisannya - Kuliatas blog merupakan salah satu indikator kesuksesan blog tersebut. Hal ini dikarenakan pembaca di google menginginkan blog yang memiliki kualitas baik, entah dari segi penyampaian materi, kelengkapan, dan estetikan tampilan blog yang kita sajikan.

Cara Menilai Kualitas Blog dan Tulisannya


Tidak heran para blogger sukses seperti maxmanroe.com, sugeng.id, kompiajaib.com, dan mastimon.com selalu melakukan optimasi kualitas dan template blog milik mereka. Bukan tanpa alasan, jika kita mematuhi kebijakan google, maka googlepun menyukai blog yang Seo Friendly, Fast load dan kualitas artikel yang baik.

Namun bagaimana cara kita mengetahui kualitas blog dan mengaplikasikanya ke blog milik kita sendiri? Berikut penjelasannya.

Cara Menilai Kualitas Blog dan Mengaplikasikannya


1. Prinsip ATM


Seringkali kita mendengar bahwa blogger yang Copy Paste (Copas) tidak akan sukses. Memang pernyataan itu tidak salah, sebab google saja tidak mengizinkan copy paste. Namun hal itu bisa kita minimalisir dengan prinsip Amati Tiru Modifikasi (ATM).

Prinsip ATM populer di kalangan blogger Indonesia. Pasalnya tidak sedikit blog yang nagkring di page one google hanya dari hasil Amati Tiru Modifikasi atau dikenal dengan rewrite (Menulis Ulang).

Kita bisa memanfaatkan blog yang sudah besar dan sukses untuk menilai kualitas berdasarkan beberapa indikator. Bisa dengan menggunakan tools ataupun analisa langsung. Dengan begitu, kita akan melihat apa yang unggul dari masing-masing blog yang sudah sukses.

Setelah mengamati, anda bisa meniru namun yang perlu anda lakukan adalah memodifikasi atau membuatnya lebih lengkap, terupdate, dan mudah dipahami.

2. Ekstensi Domain


Cara menilai kualitas blog yang kedua adalah dengan melihat apakah blog yang kita amati sudah menggunakan domain dengan ekstensi Top Level Domain (TLD). 

Penggunaan domain berekstensi TLD menandakan bahwa blog/website itu dikelola dengan baik dan sungguh-sungguh. Namun tidak menutup kemungkinan juga banyak blog dengan ekstensi domain TLD namun memiliki kualitas buruk.

3. Tampilan/Template


Blog/website yang dikelola dengan baik mestinya memiliki tampilan/template yang baik pula. Penggunaan template sebenarnya tidak ada aturan baku anda harus menggunakan template apa. 

Akan tetapi setidaknya template blog personal maupun bisnis, memiliki indikator yang memudahkan pengunjung dalam mengaksesnya. Template blog yang baik harus memiliki setidaknya navigasi yang jelas dan informasi kebijakan blog.

4. Konten


Blog/website yang dikelola dengan baik akan memberikan artikel atau konten yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan, kelengkapan data, infografis, sumber dan setidaknya dapat menjawab pertanyaan para penggoogling di internet.

5. Konsistensi


Blog/website yang baik cenderung memberikan update tentang informasi secara berkesinambungan. Mereka akan terus update konten seiring perkembangan dan pembaharuan informasi yang ada.

6. Jawaban Anda


Pada dasarnya kebanyakan blogger menyimpulkan pengetahuannya dalam dunia blogging, seringkali mengandalkan jam terbang atau pengalaman dalam blogging. Sehingga anda bisa menentukan apa penyebab dan akibat dari apa yang anda lakukan.

Anda akan memiliki jawaban tersendiri seiring berjalannya waktu sebagai blogger dalam menilai kualitas blog/website.

Sekian pembahasan singkat kita tentang Cara Menilai Kualitas Blog dan Tulisannya di artikel ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "Cara Menilai Kualitas Blog dan Tulisannya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel