10 Alat Utama untuk Coffee Shop Minimalis/Low Budget

10 Alat Utama untuk Coffee Shop Minimalis/Low Budget - Usaha kedai kopi hingga saat ini masih menjadi pilihan jenis usaha dengan modal yang sangat bervarian. Pasalnya, industri ini terus mengalami kemajuan baik dari segi pemahaman tentang khasiat minuman kopi, teknologi mesin espresso, pembibitan komoditas kopi, dan masih banyak lagi yang terus mengalami perkembangan.

Banyak bermunculan usaha kedai kopi untuk berbagai kalangan. Konsep kekinian dalam industri ini juga lagi trend di pasar Indonesia sebagai usaha kedai kopi yang juga menjual lisensi dagang. Misalnya Janji Jiwa, Upnormal, dan berbagai brand coffee shop ternama.

11 Alat Utama untuk Coffee Shop Minimalis/Low Budget

Banyak dari para kaula muda menginginkan usaha ini dan ingin menjalankannya. Namun permasalahan yang sering muncul yaitu keterbatasan mengenai pemahaman mereka tentang bagaimana membangun kedai coffee dan apa saja alat utama untuk coffee shop minimalis/low budget hingga coffee shop besar.

Nah di artikel ini, kita akan sedikit membahas alat apa saja yang wajib dimiliki sebelum mulai membuka usaha coffee shop. Simak penjelasan berikut ini.

11 Alat Utama untuk Coffee Shop Minimalis/Low Budget


Alat yang dimaksud yaitu seluruh perlengkapan pembuat kopi dengan keuangan yang minim. Untuk usaha minimalis, alat yang sekiranya wajib ada di coffee shop minimalis yaitu Grinder, Ketel /teko, Timbangan/scale, Termometer air, Server/penampung kopi, V60/Kalita, Rockpresso, French fress, Milk Jug dan Steamer.

1. Grinder


Grinder dalam coffee shop merupakan alat yang paling utama wajib dimiliki. Grinder berfungsi sebagai alat untuk menggiling kopi. Kopi yang awalnya masih dalam bentuk biji/beans, kemudian dihaluskan dengan grinder berdasarkan tingkat kehalusannya masing-masing.

Tingkat kehalusan bubuk kopi setelah digiling berpengaruh pada kualitas rasa yang di hasilkan. Oleh karena itu tidak heran jika ada coffee shop yang menggunakan grinder dengan harga yang mahal dan bahkan rela membeli grinder dari luar negeri untuk mendapatkan kualitas kopi yang maksimal.

2. Ketel/teko


Alat ini berfungsi sebagai penampung air panas yang nantinya akan dituangkan atau dipouring kepermukaan kopi. Anda bisa membaca referensi tentang jenis-jenis ketel baik itu manual menggunaka kopor sebagai pemanas ataupun menggunakan ketel yang sudah otomatis yaitu brewista.

3. Timbangan/scale


Timbangan atau scale dalam usaha coffee shop berfungsi sebagai alat ukur kopi berat kopi agar tetap konsisten dalam pembuatan minuman kopi. 

4. Termometer air


Termometer air ini berfungsi sebagai alat ukur suhu air yang akan digunakan saat pouring air ke permukaan kopi. Suhu air yang terlalu panas,  dapat menyebabkan over ekstrasi pada kopi. Jika hal ini terjadi, pastinya kopi yang dihasilkan sangat tidak baik atau pahit yang keterlaluan. hehe

5. Server/penampung kopi


Berfungsi sebagai media tampung ketika kopi pertama kali dipour oleh seorang barista. Kegunaan lain dari server yaitu membuat suatu sirkulasi udara ketika nanti air kopi keluar dari v60/kalita. Ketika jumlah air untuk satu gelas kopi sudah terpenuhi maka pour dapat dihentikan dilanjutkan dengan membuat putaran pada kopi tersebut dengan maksud agar kopi tercampur merata.

6. V60/Kalita


V60/Kalita berfungsi sebagai alat untuk membentuk suatu saringan dilengkapin dengan filter kopi. Berbeda dengan kopi tubruk yang disiram langsung kedalam gelas agar ampas kopi tidak terbuang, pembuatakn kopi  menggunkan v60 dan kalita tidakmenyisahkan ampas kopi di dalam gelas karena sebelumnya sudah tersaring dengan filter yang digunakan.

7. Rock Presso


Rockpresso berfungsin sebagai alat kopi yang akan menghasilkan espresso. Alat ini menggunakan kekuatan tangan sebagai tenaga penekan untuk ekstrasi kopi. Penggunaan rockpresso di suatu coffee shop untuk menggantikan peran mesin espresso yang harganya lebih mahal bahkan mencapai berpuluh-puluh kali lipat.

Baik Rockpresso (manual) ataupun espresso machine (listrik), sama-sama berfungsi sebagai alat kopi untuk menghasilkan espresso based.

8. French Fress


French Fress merupakan alat kopi yang multi guna. Bagi saya pribadi, alat ini mampu membuat berbagai jenis minuman ataupun kombinasi minuman kopi hanya dengan satu alat. French Fress bisa digunakan sebagai alat untuk membuat kopi hitam, membuat foam pada susu yang biasanya dilakukan oleh alat steaming.

9. Milk Jug


Milk jug berfungsi sebagai alat untuk susu yang akan disteam. Milk jug biasanya berfungsi ketika kita ingin membuat coffee late ataupun jenis minuman yang mengutamakan estetik pada kopi, misalnya pembuatan latte art/gambar pada kopi.

10. Steamer/pembuat foam


Steamer adalah alat kopi yang berfungsi untuk mengisi udara atau membentuk foam pada susu saat susu berada di milk jug. Kualitas foam yang dihasilkan baik tebal tipisnya suatu foam tergantung pada steamer yang digunakan.


Itulah 10 alat utama yang wajib dimiliki ketika membuka coffee shop minimalis. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda sebagai pembaca
Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "10 Alat Utama untuk Coffee Shop Minimalis/Low Budget"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel