3 Cara Menentukan Konsep Coffee Shop Agar Banyak Pengunjung

Cara Menentukan Konsep Coffee Shop Agar Banyak Pengunjung Dewasa ini, kehadiran kedai kopi atau coffee shop bukan lagi hal yang baru. Banyaknya coffee shop bermunculan berbanding lurus dengan minat masyarakat. Bahkan tidak sedikit yang berbondong-bondong membuka coffee shop sebagai usaha utama mereka.

Cara Menentukan Konsep Coffee Shop Agar Banyak Pengunjung

Namun dengan begitu, bukan berarti mendirikan coffee shop semudah membuka lapak kaki lima. Terdapat bagian yang sangat penting dalam memulai bisnis ini. Anda mesti memikirkan dengan matang terkait dengan konsep coffee shop yang akan anda jalankan.


Sebab konsep pada coffee shop berfungsi menarik minat pengunjung untuk singgah. Di tahun 2021 ini, coffee shop yang bermunculan seringkali mengikuti gaya industrial. Di mana konsep ini adalah bagian penting dari proses menceritakan coffee shop sebagai bagian dari industri yang berperan penting dalam meningkatkan pendapatan. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menentukan konsep coffee shop bagi pemula.


Cara Menentukan Konsep Coffee Shop


Berdasarkan Teritorial


Langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah terkait dengan wilayah tempat kita akan buka coffee shop. Anda wajib memahami wilayah dan masyarakatnya. Sebagai contoh jika anda ingin membuka coffee shop di pedesaan, maka tidaklah mungkin anda mengkonsepkan coffee shop seperti starbucks. 


Mengapa demikian? sebab jika membangun coffee shop di pedesaan dengan konsep mirip starbucks, maka anda akan menggunakan banyak properti dan modal yang tentunya tidak kompatibel dengan daerah tempat coffee shop, sebab di pedesaan.


Meskipun pada dasarnya tidak ada yang salah dengan pemilihan konsep seperti itu di pedesaan. Namun akan lebih baik jika anda membangunnya di pusat keramaian seperti kota-kota besar.


Memahami Target Market


Mendirikan coffee shop artinya anda membutuhkan pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah orang yang datang untuk membeli produk kopi yang anda jual di coffee shop.


Memahami target market akan membantu anda dalam menentukan konsep coffee shop itu sendiri. Jika anda membangun coffee shop di wilayah dengan banyaknya target market berusia di atas 45 tahun, maka ada baiknya anda membuat coffee shop dengan konsep yang cocok dengan mereka. Misalnya konsep yang tidak terlalu instagramable, kekinian, dan tidak terlalu berlebihan.


Berdasarkan Budget


Mendirikan coffee shop tentunya membutuhkan modal. Tantangan yang akan hadir ialah bagaimana kita memanfaatkan dana yang minim untuk pembangunan coffe shop. Di langkah ini, konsep mengikuti budget.


Anda bisa menekan budget dengan cara memilih konsep yang minimalis dan tidak banyak memakan biaya. Misalnya jika anda pernah berkunjung di beberapa coffee shop mewah, anda akan melihat banyaknya properti atau alat-alat yang hanya dipajang dan tidak digunakan. Anda jangan mencontoh hal tersebut jika ingin meminimalkan pembangunan coffee shop.


Baca Juga: Cara menjadi barista, Point penting


Sekian tips singkat yang dapat saya bagikan, semoga ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda sekalian.

Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "3 Cara Menentukan Konsep Coffee Shop Agar Banyak Pengunjung"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel