Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang

Cara mendapatkan modal usaha tanpa takut hutang - Sebelum memulai bisnis atau usaha, tentu kita membutuhkan modal. Tidak hanya modal ide dan tenaga, melainkan anda perlu memikirkan dengan matang terkait dengan modal finansial sebelum memulai bisnis atau usaha.  Nah, di artikel ini, anda akan diajarkan bagaimana cara  agar maksimal mempersiapkan modal sebelum memulai bisnis atau usaha.


Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang


Kita tahu bersama bahwa modal finansial adalah salah satu elemen yang sangat penting di zaman ini. Anda tidak sedang mendengarkan seminar atau workshop yang mengatakan bisnis/usaha tidak membutuhkan modal. Jika ada seminar seperti itu, maka jelas isi materinya omong kosong.


Memulai usaha/bisnis tanpa modal seperti anda  ingin mengendarai motor namun tidak memiliki bahan bakar, nihil. Paling tidak anda memiliki uang untuk bergerak maju membangun bisnis yang anda impikan. Berikut penjelasan cara mendapatkan modal usaha.


Tips Mendapatkan Modal Bisnis/Usaha Tanpa Takut Ngutang


1. Keluarga

Keluarga adalah orang yang memiliki kedekatan emosional dan lebih mudah untuk yakin bahwa anda tidak sedang bercanda. Memanfaatkan peluang ini, artinya anda sudah separuh menyelamatkan uang milik keluarga anda yang entah jika tidak dialokasikan ke bisnis/usaha, entah jadi apa.


Berbicaralah secara terbuka dan kasih mereka harapan. Kemungkinan besar mereka akan membantu dan memberikan modal untuk bisni/usaha yang akan anda geluti. Tapi ingat, modal yang anda pinjam harus dikembalikan meski keluarga anda tidak berharap kembaliannya.


2. Teman/Kerabat

Selain keluarga, anda bisa melirik teman/kerabat yang menurut anda bisa dan tidak keberatan untuk meminjamkan modal usaha untuk anda. Anda hanya perlu meyakinkan mereka agar bisa memberikan pinjaman dana untuk anda.


Baca Juga: Cara memulai bisnis online


3. Menjual Aset Pribadi

Anda bisa mendapatkan modal usaha/bisnis dengan memanfaatkan aset atau barang-barang berharga yang tidak terpakai. Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot untuk mencari modal. Tapi ingat, setiap keputusan yang anda ambil pasti memiliki risiko.


Ketika ingin menjual barang, anda harus memikirkan apakah barang yang akan anda jual masih anda butuhkan di kemudian hari atau tidak. 


4. Menggadaikan Aset Pribadi

Jika anda masih ragu dengan cara menjual aset untuk mendapatkan modal bisnis/usaha, anda bisa hanya dengan menggadaikannya. Yah walaupun jumlah uang yang akan anda dapat tidak sebanyak dengan menjualnya. 


Anda mesti paham bahwa menggadaikan barangpun berisiko. Anda bisa saja kehilangan barang karena mengalami keterlambatan pembayaran. Oleh karena itu, anda mesti selalu berpikir dengan jernih sebelum bertindak terhadap segala sesuatu.


5. Penggalangan Dana

Dewasa ini istilah penggalangan dana untuk calon pengusaha/pebisnis masih trend. Anda bisa mendapatkan banyak donatur dari seluruh dunia dengan cara bergabung di berbagai komunitas pendanaan yang aktif. 


Baca Juga: Solusi belajar dari rumah tetap produktif


Bagaimana? anda tertarik untuk coba jalur pendanaan ini? Jika bermanfaat bolelah dishare atau di spam ke wa kontakmu hehe. Terima kasih sudah membaca Tips mendapatkan modal usaha tanpa utang. Salam sehat dan enjoy.


Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel