Tips Memilih Platform Media Sosial Untuk Branding Bisnis

Tips Memilih Platform Media Sosial Untuk Branding Bisnis - Dalam dunia bisnis, aktivitas branding sudah menjadi satu formula wajib untuk mengembangkan suatu bisnis. Oleh karena itu kehadiran media sosial bukan lagi suatu kebetulan, melainkan sebagai aspek pelengkap perkembangan dunia bisnis.


Katakanlah jika hari ini anda ingin melakukan aktivitas pemasaran terhadap bisnis yang anda jalankan, kemudian tidak tersedianya media sosial, bagaimana cara anda memasarkan atau mempromosikan bisnis tersebut atau bahasa gaulnya branding?
 
Pastinya anda akan memasarkan bisnis itu dari mulut ke mulut. Atau juga mungkin anda akan melakukan promosi dengan cara memasang banner iklan di papan iklan kota bukan? namun apakah biaya untuk melakukan pengiklanan seperti itu murah? jawabannya tidak.

Tips Memilih Platform Media Sosial Untuk Branding Bisnis


Biaya yang akan anda keluarkan pastinya besar dan bahkan mungkin tidak sebanding dengan konversi pembelian. Anda boncos dan bahkan bisa saja berhenti untuk berbisnis bukan?

Nah, kehadiran media sosial kini mempermudah dan mampu mempersingkat waktu anda dalam melakukan branding suatu bisnis. Anda cukup menggenggam smartphone, memiliki akses internet, dan mulai membranding. Mudah bukan?

Namun jangan salah, tidak semua media sosial bisa anda jadikan wadah untuk melakukan branding. Anda perlu paham dan cermat dalam memilih media sosial agar bisnis yang anda branding tidak sia-sia termakan waktu. Berikut ini tips memilih platform media sosial untuk bisnis anda.

Tips Memilih Media Sosial Untuk Branding


1. Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan di sini maksudnya adalah anda mesti tahu dulu apa tujuan anda dalam suatu bisnis sehingga anda memilih menggunakan platform A ataupun B misalnya.

Setiap platform media sosial populer yang ada saat ini, tentunya memiliki demografisnya tersendiri jadi pilihlah dengan bijak.

Perkembangan media sosial yang sangat pesat hingga saat ini, memberikan peluang yang besar bagi pengguna loyal. Anda bisa menentukan media sosial mana yang akan anda gunakan. Misalnya jika bisnis anda bergerak di bidang photography, lalu anda bertujuan untuk menarik audience agar mereka menggunakan jasa anda, maka anda wajib memilih media sosial yang didominasi oleh tampilan gambar. Jika videography, anda mungkin bisa memilih platform yang orientasi utamanya video. 


Beberapa media sosial yang sekiranya bisa anda gunakan jika bisnis anda bergerak di bidang photography maupun videography yaitu Instagram, youtube, blog, pinterest dan facebook.

2. Memahami Audience

Sebelum memilih platform media sosial untuk bisnis anda, wajib kiranya anda memahami siapa audience anda, bagaimana anda dapat menjangkaunya, mayoritas pasar anda menggunakan media sosial apa. Beberapa peryataan/pertanyaan itu wajib anda pahami agar tujuan branding yang anda lalukan bisa mulus.

Misalnya anda akan melakukan branding dengan jenis produk yang anda miliki ditargetkan untuk para influencer, sebebgram, maka anda bisa memilih instagram sebagai media sosial yang banyak terdapat influencer dan selebgram di dalamnya.


3. Paham Penggunaan Media Sosial

Tidak hanya sebatas memahami tujuan dan audience, andapun perlu memahami kegunaan dan penggunaan media sosial yang akan digunakan. Meskipun anda sudah sepenuhnya paham dengan tujuan dan audience, namun tidak paham penggunaan dan kegunaan media sosial, maka upaya branding anda terasa nihil.

4. Fokus Satu Platform

Menggunakan media sosial untuk branding bisnis berbeda dengan menggunakan media sosial sebatas mengikuti trend sehingga anda merasa harus memiliki akun di semua media sosial.

Anda cukup menggunakan satu platform untuk branding bisnis. Keputusan ini lebih baik daripada anda menggunakan semuanya namun tidak ada satupun yang maksimal.


Artinya anda perlu menguasai dan harus sebisa mungkin menjadi ahli di media sosial itu. Maka anda akan mendapatkan manfaat yang besar untuk brand yang anda jalankan.

Itulah Tips Memilih Platform Media Sosial Untuk Branding Bisnis yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan semua dimulai dari sini.

Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

0 Response to "Tips Memilih Platform Media Sosial Untuk Branding Bisnis"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel