Pengertian, Fungsi, dan Cara kerja NFT

Pengertian, Fungsi, dan Cara kerja NFT - Akhir-akhir ini di Indonesia sangat ramai dengan pembahasan NFT. Mulai dari NFT yang bentuknya unik sampai dengan NFT yang harganya sangat mahal.

Namun tidak hanya itu, baru-baru ini juga ada seorang anak bernama Ghozali yang viral di semua media sosial gara-gara foro selfinya yang berjumlah 933 foto habis terjual. Gila bukan?

Pengertian, Fungsi, dan Cara kerja NFT


Nah, lalu apa sih itu NFT?

Melansir dari majalah Forbes, NFT adalah kependekan dari Non Fungible Token. Nah NFT ini adalah aset digital yang mana mewakili objek dunia nyata seperti lukisan, gambar 3D, musik, dll.

Mereka dibeli dan dijual secara online, sering kali dibayar dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan menggunakan software dasar yang serupa dengan aset crypto lainnya.

Meskipun sudah ada sejak tahun 2014, NFT kini semakin terkenal karena mereka dianggap sebagai metode yang praktis untuk membeli dan menjual karya seni digital. 

NFT juga umumnya dinilai sebagai salah satu dari proses transaksi yang sangat terbatas dan memiliki kode pengenal yang unik.

Fakta tersebut sangat bertolak belakang dengan kebanyakan kreasi digital, yang pasokannya hampir selalu tak terbatas. 

Nah, meskipun demikian, siapa pun bisa melihat secara keseluruhan karya digital yang sedang dijual.

Lalu, mengapa orang-orang sangat menginginkan non fungible token? Ini terjadi karena NFT memungkinkan pembeli untuk memiliki item aslinya.

Tidak hanya itu, NFT juga berisi otentikasi bawaan, yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan.

Fungsi NFT

Berikut adalah beberapa fungsi dari NFT yang perlu anda ketahui:

1. Industri Seni


Fungsi NFT yang pertama adalah bagi industry seni, Karakteristik dan keunikan NFT mengevaluasi kembali sektor seni digital. NFT menawarkan keamanan yang dibutuhkan untuk karya yang dipublikasikan secara online, di mana konten dapat disebar bebas dan dapat diklaim dengan mudah, yang menyebabkan kerugian bagi pembuatnya.

2. Bisnis


Bisnis properti, aset, lisensi dan olahraga juga tidak lepas dari sektor usaha yang mendapatkan manfaat dengan adanya NFT ini. Secara mudahnya karena setiap transaksi yang terjadi tercatat di dalam blockchain, sehingga dapat meminimalisir terjadinya pencurian, penipuan dan kehilangan aset.

3. Hobi dan Hiburan

Cuplikan-cuplikan dari NBA Top Shot, Kucing virtual dari CryptoKitties, dan avatar-avatar unik dari CryptoPunks, CryptoKitties dan Axie Infinity merupakan beberapa contoh fungsi NFT dalam sektor hiburan dan hobi.

Cara Kerja NFT

Cara kerja NFT tersedia di blockchain, yakni buku kas besar atau ledger yang mencatat setiap transaksi yang terjadi di jaringan tersebut. Kamu yang bermain dengan kripto mungkin sudah tak asing lagi dengan blockchain yang menjadi proses persyaratan yang dapat membuat mata uang kripto terealisasikan.

Transaksi NFT sendiri biasanya dilakukan melalui blockchain ethereum. Dengan membeli NFT, kamu bisa mendapatkan hak milik dan menjadi satu-satunya orang yang memiliki suatu karya seni yang kamu beli.


Nah sekian dulu artikel tentang Pengertian, Fungsi, dan Cara kerja NFT kali ini, semoga bermanfaat.

Source:
glints.com
suara.com
Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel