Cara Mendaftarkan Situs Google Berita atau Gnews Terbaru 2022

Cara Mendaftarkan Situs Google Berita atau Gnews Terbaru 2022 - Untuk mendapatkan trafik yang banyak dari penelusuran google ataupun dari laman news/berita di google, seorang blogger wajib mendaftarkan situsnya ke pihak google news atau gnews.

Cara Mendaftarkan Situs Google Berita atau Gnews Terbaru 2022



Apa Itu gnews?


Gnews atau google news adalah sub layanan google yang memungkinkan setiap website dapat muncul di laman berita ataupun topik trending berita. Namun selain itu google news juga berperan penting dalam mendongkrak jumlah view sebuah website sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi pemilik web.

Apa manfaat gnews bagi blogger?


Bagi seorang blogger, contohnya seperti saya, mendaftarkan situs ke gnews memberikan nilai plus sekaligus manfaat yang memudahkan setiap artikel blog untuk terindex dengan cepat di halaman penelusuran google. Saya merasakan manfaat menggunakan gnews ketika membuat artikel kemudian mempublish artikel tersebut, tidak sampai 1 menit artikel langsung tayang dan berada di halaman penelusuran atau pencarian google. Berbeda pada saat saya belum mendaftar, untuk artikel bisa terindex membutuhkan waktu hingga 1 hari paling lama.

Jadi gnews memudahkan setiap publisher ataupun blogger agar setiap artikelnya bisa berada di google. Ini juga bermanfaat sebagai sumber trafik organik.

Cara Mendaftarkan Situs Ke Gnews


1. Buka/kunjungi situs https://publishercenter.google.com/

2. Setelah berada di bagian ini, kalian klik Tambah publikasi

3. Kalian akan diminta untuk memasukan Nama publikasi, Properti situs utama, dan alamat. Masukan sesuai dengan data situs kalian. Kemudian klik Tambah publikasi.

4. Setelah kalian klik Tambah publikasi seperti sebelumnya, maka kalian akan berada di halaman ini.

5. Di halaman setelah publikasi informasi dasar, biasanya akan terisi otomatis seperti yang kalian lalukan di langkah ke 3 di atas. Kalian cukup menambahkan URL properti situs utama, kemudian URL properti situs lainnya, lalu kontak masukan dengan alamat gmail situs kalian. Lalu klik berikutnya dipaling bawah.

6. Di bagian ini kalian akan diminta memasukan logo situs kalian, pastikan bahwa logo persegi dan logo panjang yang kalian masukan sesuai dengan logo yang terpublish di situs kalian. Untuk logo persegi kalian wajib memasukan ukuran 512×512 px. Sedangkan logo panjang yang kalian masukan harus berukuran 200px × 20px. Jika sudah, kalian klik simpan di pojok kanan atas.

7. Setelah bagian setelan publikasi, kalian mulai mengisi setelan google berita. Di bagian ini kalian wajib memasukan informasi dasar, kategori, isi dengan jenis atau niche situs kalian. Di bagian distribusi kalian isi negara seluruh dunia dan izinkan semua properti. Lalu klik berikutnya.

8. Selanjutkan kalian wajib memasukan Rubrik, klik Tambah rubrik baru, pilih Feed, kemudian masukan Judul rubrik, lalu isi kolom URL feed dengan ini https://www.domainkamu.com/feeds/posts/default, lalu pilih akses siapa saja. Klik tambahkan dan klik berikutnya.

9. Di bagian ini, kalian akan melihat bagian-bagian yang akan di tinjau jika terdapat kesalahan. Jika tidak klik Publikasikan.

10. Setelah dipublikasikan, maka google akan meninjau formulir pendaftaran akan kurang lebih 1-5 jam waktu kerja, atau paling lambat 72 jam waktu kerja. Setelah itu kalian tinggal nikmati kemudahan yang gnews berikan.

Fanli Untukmu pemahamanmu, untukku pemahamanku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel