Cara Mengatasi Akun FB Dibatasi 2022, terbukti ampuh

Cara Mengatasi Akun FB Dibatasi Facebook 2022 – Jika anda berada di artikel ini, sudah pasti anda memiliki masalah yang kurang lebih sama dengan judul artikel yaitu Akun Facebook yang di batasi. Lantas apa solusinya?

Cara Atasi Akun Facebook dibatasi

Pada artikel ini saya akan membeberkan beberapa alasan dan studi kasus pembatasan akun Facebook tahun 2022. Sebelum kita masuk pada inti “kenapa akun fb dibatasi” kita akan membahas penyebabnya dulu ya gais ya.


Melakukan Aktifitas Melanggar Ketentuan FB

Perlu diketahui bahwa Media Sosial Facebook merupakan jejaring komunitas yang saling terhubung baik dalam maupun Luar Indonesia. Sehingga pengguna media sosial Facebook adalah setiap orang yang mendaftar dan membuat sebuah akun pada layanan Facebook. Selain itu angka berdasarkan data yang ada di publik, penggunaan media sosial Facebook nyaris menduduki peringkat pertama dengan jumlah terbanyak.

Di tahun 2022, nyaris setiap orang tidak mungkin tidak memiliki akun Facebook. Sehingga itu menjadi satu alasan adanya berbagai ketentuan dan peraturan komunitas FB, untuk menertibkan setiap aktivitas penggunanya. Oleh sebab itu setiap akun dan atau orang yang melanggar ketentuan komunitas, maka akan diberikan berupa teguran ataupun sanksi yang berlalu pada komunitas Facebook.

Baca Juga: Cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di Whatsapp

Jika anda menggunakan Facebook tanpa mempertimbangkan user atau pengguna lain, maka siap-siap akun anda akan dibatasi melakukan postingan, komentar hingga like ke akun atau grup lainnya oleh pihak FB. Seluruh konten yang diunggah oleh pengguna akan difilter apakah menggandung spam, ujaran kebensian, sara, judi, ataupun pornografi. Jika didapati maka beberapa peringatan dan teguran akun Facebook akan berlaku.


Alasan Facebook Melakukan Tindakan Terhadap Akun

Perlu anda pahami bahwa ketentuan Facebook dalam menjaga komunitasnya tetap saling menghargai yaitu dengan memberlakukan peraturan komunitas. Beberapa peraturan kebijakan Facebook di antaranya sebagai berikut:

  • Konten orang telanjang atau ajakan seksual lainnya.
  • Ungkapan kebencian, ancaman nyata, atau serangan langsung terhadap individu atau kelompok.
  • Konten yang mengandung tindakan melukai diri sendiri atau kekerasan yang berlebihan.
  • Profil palsu atau tiruan.
  • Spam.


Pembagian Kategori Kebijakan Standar Komunitas Facebook

  1. Kekerasan dan perilaku kriminal.
  2. Keamanan.
  3. Konten yang tidak pantas.
  4. Integritas dan keaslian.
  5. Menghormati kekayaan intelektual.
  6. Permintaan dan keputusan terkait konten.


Akun dibatasi (Hanya Anda yang dapat melihat ini)

Umumnya pembatasan pada akun Facebook karena kelalain kita sebagai pengguna. Padahal Facebook sudah menjelaskan pada berbagai halamannya mengenai kebijakan Facebook. Namun jika anda lalai, akibatnya akun anda dibatasi bahkan bisa dinonaktifkan secara permanen.

Baca Juga: Cara Memilih Platform Media Sosial untuk Branding Bisnis


Solusi Mengatasi Akun Facebook Dibatasi

Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu, apakah pada satu waktu anda pernah melakukan pelanggran seperti ketentuan Facebook di atas.

Misalnya anda lupa bahwa konten berupa gambar ataupun video yang anda unggah ke Facebook mengandung merek dan label suatu badan atau organisasi.

Penggunaan hak kekayaan intelektual tanpa izin akan menyebabkan akun anda dibatasi. Ataupun jika anda pernah melakukan komentar yang sensitif, sara, ujaran kebecian, silahkan hapus terlebih dahulu di akun Facebook anda.


Berikut beberapa cara untuk mengatasi Akun Facebook yang dibatasi


1. Akun Facebook dibatasi sementara

  • Langkah pertama silahkan hapus seluruh konten berupa gambar, video, komentar postingan beranda, story Facebook dari akun yang dibatasi dan jangan lupa screenshot hasil penghapusan jika diperlukan
  • Kedua anda diharuskan melakukan banding ke Facebook jika hal tersebut merupakan kekeliruan Facebook dan anda benar tidak melakukan pelanggran standar komunitas
  • Ketika, jika anda memang benar telah melakukan kesalahan, maka cukup terima opsi pembatasan dari Facebook.
  • Keempat, pada langkah ini anda cukup mengikuti kebijakan Facebook.
  • Jangan melakukan spam di komentar, postingan, ataupun marketplace Facebook.
  • Hindari penggunaan bahasa yang kurang sopan kepada pengguna lainnya
  • Jangan Mengunggah Foto atau Video kekerasan, kriminal, ataupun yang berunsur dewasa ke laman Facebook ataupun limimasa teman
  • Jika akun anda merupakan akun baru, jangan melakukan spam permintaan pertemanan. Lakukanlah FLKS dengan sewajarnya.


2. Akun Facebook dibatasi selama 30 hari

  • Pertama anda harus memeriksa apakah kesalahan berasal dari postingan ataupun komentar yang anda lakukan
  • Jika benar anda melakukan kesalahan, maka cari postingan ataupun komentar tersebut lalu hapus (jangan lupa screenshot bukti penghapusan)
  • Jika anda tidak menemukan postingan ataupun komentar tersebut, klik ikon menu profil Facebook anda lalu skrol ke bagian Log Aktivitas.
  • Jika sudah, selanjutnya kalian masuk ke menu pengaturan
  • Pilih menu Laporkan Masalah
  • Akan muncul beberapa pilihan terkair masalah yang relevan dengan Facebook anda.
  • Pada kolom pelaporan, anda bisa menuliskan keterangan terkait masalah dan berjanji untuk tidak mengulangi, dan sertakan berupa bukti screenshot seperti pada tahap sebelumnya.
  • Lalu kirim dan tunggu hingga Facebook merespon tanggapan anda.
Cara Mengatasi Akun FB Dibatasi 2022

Demikian artikel tentang cara mengatasi akun Facebook dibatasi, semoga bermanfaat dan saya Fanli Mandalika pamit undur diri. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top