Rekomendasi Template Website Sekolah Terbaik

Template Website Sekolah – Di era digital ini, sangat tidak mungkin bila sekolah formal tidak memiliki sebuah sistem akademik berbasis online seperti halnya website sekolah. Dengan maraknya teknologi, informasi bisa dengan mudah diakses hanya dengan menggunakan internet.
Sebagai intitusi formal, sekolah berkewajiban dalam mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan amanat Undang-Undang Dasar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu pemanfaatan website untuk informasi sekolah.
Membangun website sekolah dapat dibilang cukup mudah. Terlebih lagi saat ini sudah banyak tersedia template website sekolah yang bisa digunakan dengan domain khusus lembaga sekolah (.sch.id) dan Hosting untuk menujang aksesibilitas.
Rekomendasi Template Website Sekolah Terbaik

Apa Itu Website Sekolah

Secara garis besar, Website Sekolah adalah serangkaian halaman web yang saling terhubung dan terstruktur berdasarkan template website sekolah. Pada umumnya berisi sekumpulan informasi sekolah seperti visi-misi, sejarah, profil, struktur lembaga dll yang berada pada suatu webserver bernama hosting.
Lihat selengkapnya: Beli Hosting Murah

Manfaat Website Sekolah

Selain bermanfaat sebagai sumber informasi sekolah, keberadaan website sekolah juga dapat berguna dalam membangun kepercayaan dan profesionalitas. Di samping itu, website sekolah cenderung memilki kebutuhan khusus dan berbeda dengan website (blog/berita) pada umumnya.
Karena memuat halaman identitas, tujuan dan upaya, kurikulum, rancangan pembelajaran, e-perpus, penerimaan siswa, prestasi, pusat publikasi, halaman kerjasama dan masih banyak lagi.
Kabar baiknya, semua kebutuhan website sekolah dapat dikemas sesuai dengan tampilan yang ramah pengunjung dan profesional menggunakan template website sekolah.

Rekomendasi Template Website Sekolah Terbaik

Template website sekolah berfungsi sebagai suatu file format/preset yang memiliki struktur fleksibel dan dapat diaplikasikan pada website yang sedang dibangun. Sehingga dengan penggunaan template, proses membangun website sekolah bisa lebih efisien dan meminimalisir kesalahan (error) pada struktur website.
Pemilihan template dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda tidak perlu bingung untuk mencari referensi tentang rekomendasi template website sekolah untuk digunakan. Di bawah ini saya sertakan banyak pilihan template yang populer digunakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia maupun di luar negeri.

10+ Pilihan Template Website Sekolah

1. Pearson oleh Wpastra



Pilihan template pertama versi Fanlimandalika.com kali ini yang bisa diaplikasikan pada website sekolah yaitu Wpastra. Template ini sudah diinstal lebih dari 1,3 juta pengguna website di seluruh dunia. 
Astra menawarkan performa yang sangat baik, pada segi kecepatan website, Fitur customize, plugin yang mendukung dan kompleksitas lainnya yang dapat dengan mudah digunakan. Selain itu, support dan komunitas Astra yang tersebar di seluruh dunia menjadikan template ini wajib anda miliki. Tidak heran jika ASTRA menjadi pilihan template dengan jumlah pengguna yang fantastis.
Berikut beberapa fitur yang ditawarkan oleh Wpastra:
  • Sticky Header
  • Page Header
  • Mega Menu
  • Multiple Social Share
  • Multiple HTML Elements
  • Multiple Button
  • Widgets
  • Unlimited Warna dan Background
  • Unlimited Typografi
  • Unlimited Spacing
  • Unlimited Blog Layout
  • Fitur Lengkap Opsi WooCommerce
  • Integrasi LifterLMS, Learn Dash, dan Easy Digital Download
  • 1 on 1 Email Support
Lihat detail: Wpastra

2. Wp Sekolah oleh Ciuss Creative



Pilihan template selanjutnya yang tidak kalah menarik yaitu Wp Sekolah. didesain untuk kompatibel pada CMS wordpress, template ini banyak digunakan untuk membangun website sekolah seperti sekolah umum, pesantren, yayasan pendidikan dan masih banyak lagi.
Anda dapat mengaplikasikan template ini dengan menyesuiakan library template seperti pada fitur Pos Slide Gambar, agenda, pengumuman, editorial, blog, quotes, ekskul/unit kegiatan mahasiswa, fasilitas, prestasi, GTK/Ustadz/Dosen, Siswa/Santri/Mahasiswa, Galeri dan Video.

3. EduSkill oleh Zakra



Zakra Theme merupakan salah satu dari kian banyak developer template website berbasis wordpress yang populer. Memiliki banyak koleksi template yang telah dibuat sehingga anda bisa memilih versi template seperti apa yang diinginkan.
Namun seperti halnya penyedia template website sekolah lainnya, Zakra juga telah mendevelop sebuah template yang bernama Eduskill. Dimana template ini dapat anda miliki dengan harga USD$49-199 saja.
Tema ini memiliki fungsionalitas dapat diandalkan dan luar biasa yang dirancang khusus untuk kebutuhan situs pendidikan khususnya di Indonesia.

4. Eduma oleh ThimPress



Template selanjutnya versi fanlimandalika.com yaitu Eduma. Template yang menyediakan lebih dari 15 demo yang bisa diimport dengan mudah dan membantu dalam percepatan website sekolah. Keunggulan ini banyak disukai oleh kalanagan developer yang sedang mengejar target project karena mudah diaplikasikan.
Selain itu, template ini memiliki fitur integrasi yang bisa diandalkan pada project website sekolah online. Penggunaan template ini mendukung integrasi dengan layanan video conference seperti Zoom. 

5. Eikra oleh Radius Theme



Template yang didesain dengan konsep profesional dan sangat intuitif, menjadikan template ini fungsional untuk seluruh jenis website pendidikan. Baik itu Sekolah Dasar, hingga Sekolah Menengah, Pesantren, Perguruan Tinggi dan hampir seluruh institusi akademik. Karena Eikra theme diintegrasikan dengan LMS LearnPress.
Template ini menyediakan kurang lebih 12 demo tampilan halaman dan section yang dilengkapi tampilan layout yang mudah anda sesuaikan. Anda dapat mengaplikasikan demo dengan sekali klik saja. Template ini bisa anda dapatkan dengan harga $49 atau setara dengan Rp. 703.662 pada halaman penjualan Themeforest.
Lihat 17+ Template lainnya

Saatnya Anda Menentukan Pilihan Template Sekolah

Sekarang saatnya anda menentukan pilihan template yang paling sesuai dengan kebutuhan sekolah anda. Namun sebelum itu, anda wajib melihat beberapa hal yang mendukung performa website sekolah agar pilihan template anda bisa maksimal.

1. Hosting yang Powerfull

Tujuan anda dalam membangun website sekolah akan tidak maksimal tanpa hosting yang powerfull. Hosting berfungsi sebagai webserver, tempat website anda diletakan. Sehingga poin ini merupakan hal paling fundamental.
Bayangkan bagaimana jadinya jika website sekolah yang anda kelola sangat lemot, bisa jadi siswa ataupun orang lain yang akan mengakses sangat kesulitan. Pendaftaran siswa yang tidak maksimal. Namun anda tidak perlu khawatir, kini anda bisa mendapatkan layanan hosting murah yang dipercaya oleh sebagian besar website di Indonesia.

2. Domain

Selain hosting, anda perlu untuk mengguakan domain khusus webiste sekolah sebagai Url identitas halaman anda.
Dapatkan banyak promo seputar Kebutuhan website di sini: Super Promo
Bagaimana, tertarik bukan dengan tips dan rekomendasi template website sekolah. Segera pertimbangan dan bangun situs sekolah anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top