Saatnya Migrasi Ke WordPress, CMS Terbaik Untuk Blogging!

Saatnya Migrasi Ke WordPress, CMS Terbaik Untuk Blogging! – Pada artikel ini kita akan membahas tentang sebuah hal yang mungkin agak nyeleh buat kalian. Namun pada dasarnya saya ingin mengatakan saatnya pindah ke wordpress sebagai Content Management System (CMS) untuk aktivitas blogging.

Beberapa dari anda mungkin akan berfikir kenapa harus pindah kalau menggunakan blogger saja cukup. Oke kita mulai dengan pandangan saya soal CMS mana yang harus kita gunakan. Pada dasarnya di artikel ini saya tidak akan memaksakan anda untuk pindah ataupun tetap bertahan menggunakan blogger. Namun satu hal yang perlu anda tahu, bahwa perbedaan antara blogger (blogspot.com) dengan wordpress sangat jauh.
Sebelum kita masuk pada pembahasan kenapa harus pindah ke wordpress, saya ingin anda untuk berada pada posisi yang objektif. Berikut ini kita akan membahas awal mula saya mengenal aktifitas blogging.
Wordpress, CMS Terbaik Untuk Blogging!

Awal Mula Bermain Blog

Sejak 2016 saya mulai mengenal tentang dunia blogging. Saat itu saya berfikir bagamana caranya agar tulisan kita bisa dibaca orang? Bagaimana agar artikel buatan kita bisa berada di pencarian google. Pada saat itu saya coba untuk mencari kata kunci “Cara Agar Artikel Bisa Muncul di Internet” dan saya menemukan beberapa website yang nangkring di page one. Saya mulai membaca satu persatu. 
Saya menyimpulkan pada saat itu satu-satunya cara untuk membuat blog yang mudah dan gratis yaitu menggunkan blogger.com. Kemudian saat itu saya mencoba membuat sebuah blog namun sialnya saya tidak begitu paham. Alhasil saya hanya membuat sebuah blog yang tidak ada isinya. Bahkan saya tidak tahu bagaimana cara kerjanya hehe maklum pada pandangan pertama. 
Lalu setelah itu berselang kurang lebih dua tahun, tepat pada 2018, saya bertemu dengan salah satu blogger yang ternyata senior saya sendiri. Saya mulai sering berdiskusi dengan beliau tentang dunia perbloggerlan. 
Saya kembali membuat sebuah blog dengan subdomain blogspot.com, lalu selepas setelah itu, saya semakin mendalami tentang dunia blogging.

WordPress vs Blogspot

Blog ini saya buat setelah beberapa blog sebelumnya saya tekuni. Tujuan utama saya membuat blog ini yaitu untuk Personal Branding. Saya mulai mempelajari bagaimana membuat blog yang baik dan benar, bagaimana menerapkan SEO pada blog, bagaimana menulis artikel yang baik dan banyak sekali yang saya pelajari setelah saya benar-benar paham potensi sebuah blog di Internet.
Setelah kurang lebih 4 tahun saya mendalami ilmu blogger, saya kepikiran bagaimana potensi ini bisa kita pertahankan, bagaimana agar usaha kita lebih maksimal untuk memulai sebuah rutinitas sebagai seorang blogger. 
Saya sadar bahwa blogger.com merukapan CMS yang bagus dan gratis. Namun saya masih merasa bahwa saya perlu sebuah CMS yang mampu memaksimalkan tujuan saya. Alhasil saya kemudian memutuskan untuk mencoba WordPress pada tahun 2020 hingga saat ini. Saya membeli sebuah domain yang kurang lebih tujuannya untuk learning by doing dengan wordpress. Namun ternyata saya cukup dibuat terkejut dengan apa yang saya maksudnya sebagai domain untuk sekedar belajar wordpress. Domain saya tersebut mampu bersaing dengan banyak domain lain di SERP google.
Domain yang saya tujukan untuk belajar wordpress ternyata lebih pesat perkembangannya. Artikelnya justru lebih banyak yang page one ketimbang domain utama saya ini. 
Dari situ saya berfikir bahwa kesalahnya bukan pada artikel. Sebab saya menulis artikel yang memiliki struktur yang sama antara artikel ini dan artikel di domain untuk sekedar belajar itu.

Saatnya Migrasi ke WordPress, CMS Terbaik!

Apa yang saya tulis ini merupakan pengalaman yang mungkin bisa anda pertimbangkan. Kenapa saya memilih wordpress dari pada blogspot? Sederhananya karena CMS WordPress menyediakan lebih banyak manfaat untuk penggunanya.
Selain itu, menurut data yang ada, bahwa WordPress adalah CMS dengan pengguna terbanyak di dunia. Artinya wordpress sangat populer di kalangan blogger ataupun pengguna platform CMS.
Saatnya Migrasi Ke WordPress, CMS Terbaik Untuk Blogging!
Keunggulan Utama:
  • Dashboard publisher profesional 
  • Opsi manajemen konten yang intuitif.
  • Pages editor yang powerful
  • Format konten yang lengkap
  • Konfigurasi antar tools dan plugin
  • Ribuan developer untuk memaksimalkan WordPress
  • Memiliki komunitas yang besar dan solid.
  • dan masih banyak lagi.

WordPress Powerfull

Selain beberapa hal yang saya jelaskan di atas, saya ingin mereview sedikit pengalaman menggunakan wordpress. Berikut adalah salah satu tampilan dashboard web saya dengan CMS WordPress.
Dashboard WordPress
UI:
Dari segi user interface dashboard wordpress memang sederhana. Tidak ada tampilan dengan segmentasi collor yang mencolok. Namun pada intinya wordpress menawarkan banyak kemudahan. Anda bisa melakukan custom pada tampilan dashboard anda menggunakan berbagai script ataupun plugin yang kompatibel dengan wordpress.
UX:
Secara User Experience, wordpress menawarkan banyak sekali trial untuk anda coba, memanjakan pengalaman. Konfigurasi wordpress dengan layanan lainnya yang sangat baik membuat user wordpress semakin betah.
Saya pikir anda perlu mencobanya, anda perlu menginvestasikan sedikit waktu dan uang untuk bereksperiment menggunakan wordpress. 
Kurang lebih saya akan mengakhiri pembahasan ini mengenai wordpress, anda perlu mencobannya. Hubungi kami jika anda butuh bantuan yang berkaitan dengan pengiperasian wordpress dengan contact di bawah ini:
fanlimandalikaa@gmail.com

Berikut beberapa tutorial penggunaan wordpress di tahun 2022 ini. Semoga anda suka dan mendukung kami dan membuat konten terbaik untuk anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top